Total Pageviews

3/18/13

Mengatasi Blog terkena Virus



ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين  Saya ucapkan sebagai rasa hati yang sangat senang tak terkira, karena blog getect sudah lepas dari penjajahan virus malware dan trojan. Artikel tentang mengatasi blog terkena Malware atau virus trojan, saya buat agar bisa berbagi dengan teman-teman yang lain. Berawal dari kecurigaan, dan laporan dari teman-teman blogger khususnya para KPK, yang di mulai dari komen dari sobat zachflazz dan sobat reo adam. Terima kasih kepada kalian semua karena sudah mengabarkan bahwa blog ku terkena errordengan indikasi terinveksi malware, walaupun akhirnya harus banting tulang merevisi kondisi blog danmemformat ulang laptop, dan sempat mencoba ganti template yang baru, tapi saya kembalikan lagi ke template semula. Sempat rasanya putus asa dan sudah menyebarkan berita duka tentang sekaratnya blog getect. Tetapi hari ini tanggal 14 maret 2013, pukul 12:22, blog getect telah berhasil di bedah melalui lab komputer. Nah apa saja yang saya lakukan hingga bisa lepas di cengkraman malware? berikut ulasannya...

Pertama. mendeteksi jenis virus dan penyebabnya.
Pada saat kang reo adam memberitahu saya di koment blognya, bahwa blog saya di blokir karena ada malware, langsung saya scan blog saya dengan situs sucuri.net dan hasilnya positif sucuri.net menyatakan bahwa blog saya terkena malware. Dan sekaligus menampilkan alamat url dalam blog getect yang terkena virus. Tapi saya kurang puas dengan hasilnya saya coba cek ke webmaster google tool, adapun caranya adalah :
  1. Login ke account google anda dan masuk ke webmaster google tool.
  2. Pilih blog anda yang di curigai terinfeksi malware.
  3. Pilih Malware di sidebar.
dan hasilnya tidak sama dengan sucuri.net, di webmaster blog saya di katakan blog getect bersih dari malware. ...  

Saya sempat mencurigai si sucuri.net situs yang tidak valid, tapi kalau tidak valid kenapa sobat reo adam melihat blog saya terkena malware..? akhirnya perjuangan menscan blog pun saya teruskan dengan jasa scan yang lain, kali ini menggunakan alamat url :http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=http://getect.blogspot.com(kalau teman teman mau mengecek blognya silahkan ganti warna merah dengan alamat blog anda) 


dan hasil dari scan safebrowsing menyatakan bahwa blog saya terkena trojan, sebagai akibat dari upload file js yang berasal dari komputer bervirus.. (hehehe.. biasa komputer saya gak pernah di pasang antivirus, karena virus takut sama saya.. hehehe..). Setelah positif terinfeksi maka baru saya lakukan langkah kedua.
Jadi untuk menscan blog dari virus bisa menggunakan 3 situs berikut :
  1. sucuri.net
  2. webmaster google tool,
  3. http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=http://situs anda.com/
Kedua, membenahi template dan widget blog.
Karena tidak di ketahui widget mana yang mengandung trojan, terpaksa hapus semua widget, kemudian edit template HTML dan cari file js yang pernah anda pasang. Hapus file js yang ditemukan dan di pratinjau dulu sebelum di simpan, jika tidak terjadi error maka anda bisa lanjutkan dengan menyimpan template hasil editan anda. Kemudian scan lagi blog anda dengan ketiga situs di atas dan lihat hasilnya. Berikut hasil dari scan terhadap blog getect, yang sebelumnya terindikasi infeksi virus malware,

Scan dari sucuri.net
 Scan dari http://www.google.com/safebrowsing/diagnostic?site=http://situs anda.com/

ٱلْحَمْدُ لِلَّهِ رَبِّ ٱلْعَٰلَمِين Blog saya sudah bersih dari Malware dan pengacau lainnya. Semoga bermanfaat ya...

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa Komennya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...