Total Pageviews

3/18/13

Trik Membuat Awan Kata (Word Clouds) dengan Wordle


Wordle adalah sebuah aplikasi web yang sangat bermanfaat untuk membuat word clouds hanya dengan memasukkan teks. Sebuah gambar bermakna seribu kata, tapi dengan Wordle, seribu kata bermakna sebuah sebuah word cloud :D
Wordle memfasilitasi kamu untuk membuat custom word clouds seperti yang sering kamu lihat blog dan situs-situs lainnya di internet. Word cloud adalah visualisasi kata-kata yang biasanya merupakan keyword dari isi sebuah situs. Contohnya seperti gambar di bawah ini. Word cloud ini sering digunakan untuk memperlihatkan kata-kata yang populer atau banyak digunakan di dalam blog atau situs tersebut.

Trik Online Word Cloud
Nah untuk mulai menggunakan Wordle, kamu cukup mengunjungi situsnya dihttp://www.wordle.net/ dan klik Create. Wordle akan memandumu untuk membuatnya langsung tanpa perlu register ataupun login apapun. Di halaman baru yang muncul kamu akan diberikan 3 pilihan.
Pertama, kamu bisa copy paste sebuah teks seperti artikel, esai, atau yang lainnya. Kedua, kamu bisa menaruh link blog atau blog link blog feed kamu. Dan yang ketiga kamu dapat memasukkan username delicious kalau kamu punya akunnya.
Jika sudah memasukkan salah satu, langsung saja klik Go atau Submit dan hasilnya akan langsung jadi! Wordle secara otomatis akan membuatkan sebuah word cloud dari teks atau link blog yang kamu masukkan. Kata-kata yang besar adalah kata-kata yang banyak digunakan di dalam teks. Ada banyak sekali variasinya dan kamu juga bisa mengedit font, layout, dan lain-lainnya.
Silakan dicoba-coba sendiri aja yak :)

No comments:

Post a Comment

Jangan lupa Komennya

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...